Home » Android » Baca Komik Solo Leveling Yuk! + Sinopsis dan Tokohnya !!

Baca Komik Solo Leveling Yuk! + Sinopsis dan Tokohnya !!

Komik solo leveling adalah webtoon asal Korea Selatan yang bergenre laga fantasi dan diterbitkan oleh D&C Media. Webtoon ini memperoleh lebih dari 141 ribu likes pada platform KakaoPage. Dengan perolehan likes yang cukup banyak, apakah kamu mulai tertarik untuk baca komik solo leveling?

Jika iya, maka kamu wajib membaca artikel ini terlebih dahulu agar lebih mudah memahami alur cerita dari komik ini. Karena penulis akan membahas author, sinopsis, tokoh, hingga platform yang bisa kamu gunakan untuk membaca komik ini. Menarik bukan? Yuk simak dengan baik artikel ini!

Pengenalan Umum


Solo leveling awalnya merupakan novel seri berbahasa Korea yang ditulis oleh Chugong. Novel ini awalnya diterbitkan pada tanggal 25 Juli 2016 dalam bentuk novel web. Setelah itu, novel ini diterbitkan berupa novel ringan oleh media cetak D&C Media pada tanggal 4 November 2016.

Akhirnya, novel yang memiliki nama korea “Na Honjaman Rebereop” ini diadaptasi menjadi manhwa (komik berbahasa Korea) dengan judul yang sama di KakaoPage pada tanggal 4 Maret 2018. Komik ini diilustrasikan oleh Jang Seong-rak (Dubu) dari Redice Studio.

Season satu dari webtoon ini berakhir pada tanggal 19 Maret 2020 dan season keduanya dimulai pada tanggal 1 Agustus 2020. Webtoon ini berakhir pada tanggal 29 Desember 2021 dengan jumlah 179 episode.

Berkat kepopuleran dan kualitasnya, manhwa ini masuk ke dalam daftar bacaan para otaku bahkan saat manhwa ini masih tergolong baru.

Sinopsis

Sinopsis

Supaya lebih memahami alur cerita saat baca komik solo leveling,

Sebuah portal bernama “gate” muncul sejak sepuluh tahun sebelum cerita ini dimulai. Portal tersebut menghubungkan dunia nyata dengan dunia monster. Setelah itu, beberapa orang disebut “hunter” karena menerima kemampuan khusus untuk membasmi monster yang ada di dalam gate.

Komik ini mengisahkan petualangan protagonis Seong Jin-woo, seorang hunter dengan tingkat yang paling rendah (E-rank). Saking lemahnya, ia tidak lebih kuat dari manusia normal dan mendapat julukan “The World’s Weakest” dari hunter lain.

Pada suatu hari, Seong Jin-woo dan yang lainnya terjebak di dalam penjara bawah tanah yang sangat berbahaya. Saking berbahayanya, hanya beberapa yang berhasil melarikan diri dan selamat.

Seong Jin-woo nyaris tidak selamat dan menjadi satu-satunya yang berhasil menyelesaikan semua tes yang ada di penjara bawah tanah. Kejadian inilah yang memberinya second chance untuk meningkatkan kemampuan dan penampilannya.

Setelahnya, Seong Jin-woo terus memburu monster dan menjadi hunter yang paling kuat. Petualangan Seong Jin-woo dalam melawan monster dibagi menjadi beberapa bagian atau sub-plot. Setiap sub-plot memiliki fokus ceritanya masing-masing yang berperan dalam keseluruhan cerita.

Jenis Monster

Jenis-Monster

1. Demon

Jenis monster yang pertama ini adalah monster yang memiliki dunia sendiri, memiliki kesadaran, dan tidak bisa dijadikan shadow soldier oleh Seong Jin-woo.

2. Non-demon

Tidak seperti jenis demon, monster jenis non-demon ini dapat dibangkitkan menjadi shadow soldier. Monster jenis ini ada yang memiliki kesadaran atau hanya sebatas binatang liar saja. Selain itu, terdapat pula yang memiliki kesadaran sekaligus menjadi binatang liar.

Simak :   TikTok Lite Apk Android dan iOS Download File Ringan Terbaru

Tugas Hunter

Tugas-Hunter
Setiap hunter yang ada di komik Solo Leveling memiliki tugasnya masing-masing dengan pembagian tugas sebagai berikut:

1. Attack Force

Attack Force bertugas sebagai pemburu monster.

2. Mining Team

Sedangkan, Mining Team memiliki tugas sebagai penambang batu berharga di dungeon atau di dalam gate.

3. Collecting Team

Seperti namanya, Collecting Team bertugas sebagai pengumpul bangkai-bangkai monster.

Shadow Soldier

Shadow-Soldier
Saat membahas tentang monster, kita sempat menyinggung sedikit tentang shadow soldier. Sebenarnya, apa sih shadow soldier itu?

Shadow soldier adalah pasukan Seong Jin-woo yang berupa bayangan. Biasanya, shadow soldier dibangkitkan dari musuh-musuh Seong Jin-woo yang sudah mati.

Peringkat

Peringkat
Saat baca komik solo leveling, kamu akan menemukan peringkat-peringkat tokoh sesuai dengan kekuatan dan kehebatannya. Nah, agar tidak kebingungan berikut adalah pemeringkatan, diurutkan mulai dari yang terbaik (atas) ke yang terburuk (bawah):

  1. 1. S-rank
  2. 2. A-rank
  3. 3. B-rank
  4. 4. C-rank
  5. 5. D-rank
  6. 6. E-rank

Tokoh di Komik Sol Leveling

1. Seong Jin-woo

Seong-Jin-woo
Saat baca komik solo leveling, kamu akan sering bertemu dengan tokoh yang satu ini karena Seong Jin-woo merupakan tokoh protagonis utama yang mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kekuatannya menjadi tanpa batas.

Dengan kemampuan barunya, Seong Jin-woo akhirnya menjadi hunter terhebat yang pernah ada.

Namun, Seong Jin-woo terjebak ke dalam perang tiada akhir antara para penguasa (ruler) dan para raja (monarch). Dua kelompok tersebut memiliki agenda sendiri dengan umat manusia.

2. Yoo Jin Ho

Yoo-Jin-Ho
Yoo Jin Ho atau biasa disapa Jin Ho merupakan sahabat dari Seong Jin-woo. Yoo Jin Ho berasal dari keluarga kaya raya dan menjadi wakil master di serikat milik Seong Jin-woo. Jin Ho memiliki kebiasaan memakai baju besi yang sangat mewah dan mahal yang membuatnya menjadi bahan lelucon.

3. Seong Jina

Seong-Jina
Seong Jina adalah adik perempuan dari Seong Jin-woo yang masih remaja. Tidak seperti kakaknya, Seong Jina merupakan manusia biasa yang tidak memiliki kemampuan magis sama sekali.

4. Park Kyung Hye

Park-Kyung-Hye
Park Kyung Hye adalah ibu dari Seong Jin-woo dan Seong Jina. Empat tahun sebelum cerita dimulai, Park Kyung Hye tiba-tiba jatuh sakit dan mengidap penyakit “tidur abadi,” yaitu suatu gangguan tidur yang disebabkan oleh gelombang sihir. Tidak lama setelah itu, ia jatuh koma.

Kejadian inilah yang mengakibatkan Seong Jin-woo berperan sebagai penyambung keluarga dan menggantikan ibunya. Namun, selang empat tahun kemudian Seong Jin-woo berhasil menemukan ramuan langka yang mampu menyembuhkan gangguan yang diidap ibunya.

5. Lee Joohee

Lee-Joohee
Lee Joohee merupakan hunter level B yang memiliki kemampuan spesial di bidang sihir penyembuhan. Joohee adalah salah satu teman Seong Jin-woo ketika ia masih menjadi hunter level E.

Walaupun Joohee adalah salah satu orang yang selamat dari peristiwa dungeon ganda bersama Seong Jin-woo, Joohee mengalami trauma berat dari pengalaman tersebut. Akibat dari hal itu, ia akhirnya memutuskan untuk pensiun dini dari hunter.

6. Cha Haein

Cha-Haein
Cha Haein adalah satu-satunya hunter wanita dari level S yang memiliki kemampuan dalam ilmu pedang. Haein memiliki kondisi aneh yang membuatnya mampu mencium bau busuk dari sesama hunter.

Singkat cerita, Haein akhirnya jatuh cinta kepada Seong Jin-woo setelah menyaksikan kemampuannya dan mengetahui bahwa Jinwoo adalah satu-satunya hunter yang memiliki bau “harum.”

7. Seong Ilhwan

Seong-Ilhwan
Seong Ilhwan merupakan ayah dari Seong Jin-woo dan Seong Jina. Ilhwan merupakan hunter level S yang berasal dari Korea Selatan. Sepuluh tahun sebelum cerita dimulai, Ilhwan tiba-tiba menghilang dari dungeon (celah dimensi tempat para monster muncul) ketika sedang melakukan penyerangan.

Simak :   19 Love Me Apk Mod Pro Download Versi Terbaru 2022

Setelah sepuluh tahun kemudian, ia kembali ke dunia manusia untuk membantu putranya melawan para raja. Selain itu, Ilhwan juga mengungkapkan bahwa ia merupakan salah satu dari utusan penguasa atau salah satu dari tujuh manusia yang dipilih para penguasa untuk melayani mereka.

Misi tersebut akhirnya berhasil ditaklukkan oleh Ilhwan, tetapi saat pertempuran terakhir ia mengeluarkan kekuatan yang jauh lebih besar dari batas kemampuan yang dapat ditanggung oleh tubuhnya. Akibatnya, Ilhwan meninggal dalam pelukan Seong Jin-woo.

8. Go Gunhee

Go-Gunhee
Go Gunhee merupakan seorang hunter dengan level S-Rank Korea sekaligus menjadi direktur atas Asosiasi Hunter Korea Selatan. Asosiasi tersebut merupakan lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas pengawasan semua hunter, portal gate, dan guildaktif.

Sayangnya, Go Gunhee kemudian terungkap bahwa ia merupakan salah satu utusan penguasa. Selain itu, ia juga menderita berbagai masalah kesehatan yang diakibatkan oleh usia tuanya. Kedua hal tersebut mengakibatkan ia tidak bisa menggunakan kekuatannya secara maksimal.

Akhirnya, Go Gunhee dibunuh oleh seorang raja.

9. Thomas Andre

Thomas-Andre
Thomas Andre merupakan hunter yang berasal dari Amerika Serikat sekaligus menjadi hunter terkuat. Ia berhasil menduduki peringkat hunter dunia nomor 1 dan menjadi salah satu dari lima “hunter level nasional”.

Thomas juga menjadi utusan para penguasa dan mendapat julukan “Goliat” karena tubuhnya yang besar dan kekuatannya yang luar biasa. Setelah Seong Jin-woo mengalahkannya saat berkelahi, mereka kemudian berteman baik.

Setelah itu, Thomas memberikan Jinwoo sebuah senjata magis terkuat di dunia yang bernama “Amarah Kamish” sebagai hadiah.

10. Liu Zhigang

Liu-Zhigang
Liu Zhigang (nama Korea: Ryu Jeugang) merupakan salah satu hunter yang berasal dari Tiongkok dengan peringkat hunter nomor 2. Sama seperti Thomas Andre, Liu Zhigang juga menjadi salah satu dari lima hunter level nasional.

Sebelum Seong Jin-woo melampaui kekuatannya, Liu Zhigang menjadi hunter yang paling kuat di Asia. Ia juga menjadi salah satu utusan penguasa. Saat berada di konferensi guild tahunan, Liu bertemu dengan Seong Jin-woo dan kemudian mereka berhubungan dengan baik.

11. Christopher Reed

Christopher-Reed

Christopher Reed merupakan hunter yang menduduki peringkat ketiga di dunia sekaligus menjadi salah satu hunter terkuat yang berasal dari Amerika Serikat. Berkat kehebatannya itu, ia ditunjuk menjadi salah satu dari lima hunter level nasional. Ia juga menjadi utusan para penguasa.

Namun, Christopher Reed menjadi utusan pertama yang dibunuh oleh para raja.

12. Siddharth Bachchan

Siddharth-Bachchan
Siddharth Bachchan merupakan hunter paling kuat yang berasal dari India dengan perolehan peringkat nomor 4. Bersama dengan keempat lainnya, Siddhart Bachchan menjadi salah satu dari lima hunter nasional.

Siddharth tidak pernah muncul secara fisik di manhwa dan menjadi salah satu utusan penguasa.

13. Goto Ryuji

Goto-Ryuji
Goto Ryuji merupakan salah satu hunter terkuat yang berasal dari Jepang. Saat baca komik solo leveling, kamu akan merasa sebal dengan Goto karena sifatnya yang sangat egois dan suka mengabaikan hidup manusia.

Padahal, kekuatannya masih jauh lebih lemah dibandingkan dengan hunter nasional. Akibat sifat angkuhnya, ia akhirnya terbunuh dalam suatu serangan yang dilakukan oleh monster semut kuat yang disebut dengan “Raja Semut” ketika raid di portal gate level S di Pulau Jeju.

14. Hwang Dongsu

Hwang-Dongsu
Sebelum alur cerita dimulai, Hwang Dongsu merupakan hunter yang berasal dari Korea Selatan yang membelot ke Amerika Serikat. Hwang Dongsu ingin membunuh Seong Jin-woo karena mengetahui Seong Jin-woo lah yang bertanggung jawab atas kematian adik laki-lakinya.

Akhirnya, Hwang Dongsu dibunuh oleh Seong Jin-woo karena telah menculik dan menyiksa Jin Ho dengan brutal untuk mendapatkan informasi seputar keadaan pembunuhan adiknya. Setelah meninggal, Hwang Dongsu menjadi salah satu shadow soldier Seong Jin-woo.

Simak :   5 Cara Download Video FB via Aplikasi & Tanpa Aplikasi

15. Lennart Niermann

Lennart-Niermann
Lennart Niermann menjadi hunter terkuat yang berasal dari Jerman dan menduduki peringkat hunter nomor 12. Lennart memiliki sifat yang bertanggung jawab tinggi untuk kebaikan dan tidak arogan.

Hal tersebut ditunjukkan saat ia bersedia menggunakan dirinya sebagai umpan untuk menyelamatkan Thomas agar tidak dibunuh oleh para raja.

16. Ashborn

Ashborn
Ashbron adalah makhluk yang dijuluki “Raja Bayangan” dan “Raja Para Arwah”. Sebelumnya, Ashborn adalah penguasa yang paling kuat dengan dan dijuluki “Serpihan Cahaya yang Paling Hebat”. Setelah ribuan tahun berperang dalam perang kuno antara penguasa dan raja, Ashborn pun akhirnya bosan.

Akhirnya, ia memilih Seong Jin-woo sebagai utusannya dengan harapan untuk mengakhiri pertumpahan darah tersebut untuk selamanya. Ketika Seong Jin-woo “dibunuh” oleh para raja, Ashborn muncul untuk menyelamatkannya.

Tidak hanya itu, Ashborn juga memberikan penjelasan rinci tentang masa lalunya. Setelah mentransfer seluruh sisa kekuatannya kepada Seong Jin-woo, Ashborn mengalami tidur abadi dan membiarkan Jinwoo menggantikan posisinya sebagai “Raja Bayangan”.

17. Antares

Antares

Antares adalah makhluk yang dijuluki “Raja Kebinasaan” dan “Raja Naga Cahaya”. Antares menjadi raja yang paling kuat sekaligus antagonis terakhir dalam seri komik Solo Leveling. Setelah Seong Jin-woo membunuh tiga raja sebelumnya, Antares menyerbu dunia manusia untuk menghabisinya.

Namun akhirnya, Antares gagal dalam misinya dan dibunuh oleh para penguasa.

18. Penguasa

Penguasa

Para penguasa (bahasa Korea: jibaejadeul) atau disebut juga “Serpihan Cahaya” merupakan suatu ras kuno humanoid yang mirip seperti malaikat. Jibaejadeul memiliki keinginan untuk melindungi umat manusia agar tidak dimusnahkan oleh raja-raja.

Sayangnya, mereka melakukan niat tersebut dengan cara yang diperdebatkan secara moral dan secara tidak langsung bertanggung jawab atas jutaan nyawa manusia yang hilang sejak para monster menggunakan portal gate untuk menyeberang ke dunia manusia.

19. Raja

Raja

Tokoh yang terakhir yang ada di komik Solo Leveling yaitu raja atau gunju. Mereka merupakan ras monster kuno yang berkeinginan untuk memusnahkan ras manusia demi tujuan egois ras mereka. Raja menjadi tokoh antagonis utama dalam komik ini.

Mereka tidak peduli akan hidup manusia dan memiliki sifat yang sangat arogan terhadap sesuatu yang dianggap lebih rendah dari diri mereka sendiri. Masing-masing raja mengatur ras-ras monster yang berbeda dan berpenampilan seperti monster yang mereka kuasai.

Platform

Platform

Jika kamu mulai tertarik untuk baca komik solo leveling, kamu bisa membacanya melalui platform KakaoPage. Untuk platform KakaoPage sudah tersedia terjemahan dengan bahasa Inggris, Thailand, Mandarin, dan Indonesia.

Jadwal penerbitannya yakni satu bab per minggunya dengan jumlah volume sebanyak 14 yang terdiri dari 119 bab. Kabar baiknya, saat ini komik ini telah tamat. Jadi, kamu tidak perlu menunggu jika ingin marathon baca komik solo leveling.

Pesan Moral

Pesan-Moral

Dilansir dari jendelacipa.blogspot.com, beberapa pesan moral atau pelajaran hidup yang dapat kita petik saat baca komik solo leveling yaitu:

1. Tetap berjuang meski lemah

Seperti yang dilakukan oleh Seong Jin-woo, ia terus berjuang meskipun sangatlah lemah demi ibu dan adiknya.

2. Tidak kabur dari masalah

Selain terus berjuang, Seong Jin-woo juga tidak kabur lalu meninggalkan teman-temannya meskipun saat itu ia adalah hunter level E.

3. Berpendirian teguh

Walaupun Seong Jin-woo menjadi kuat dengan konsekuensi banyak emosinya yang hilang, ia tetap berpendirian teguh dengan sangat menyayangi ibu dan adiknya.

Nah, itulah hal-hal yang perlu diketahui sebelum baca komik solo leveling. Semoga kamu tidak akan mengalami kebingungan saat baca komik solo leveling, ya. Selamat membaca komik!

 

Lihat Juga :