Home » Tips » Apa Itu Jailbreak dan Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Apa Itu Jailbreak dan Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

xiaomi.co.id – Banyak pengguna iPhone menggunakan metode Jailbreak agar bebas menggunakannya. Tapi apa sih Jaibreak itu? Mengapa begitu banyak orang menggunakan metode ini? Dan apa pro dan kontra?

Sebagai salah satu perusahaan smartphone paling berpengaruh di dunia dan paling dominan di pasar flagship global, apel termasuk cukup ketat dalam mengelola berbagai layanan yang dimilikinya.

Termasuk dalam bisnis iOS adalah pengembang sistem operasi perangkat seluler. Untuk melindungi penggunanya dari berbagai macam ancaman siber yang bisa terjadi, Apple sangat ketat dalam mengatur sistem pertahanan aplikasi di ponselnya.

Apa itu jailbreak?

Namun, banyak pengguna perangkat Apple mencoba menghilangkan batasan ini. Agar mereka bisa mendapatkan lebih banyak fleksibilitas, mereka menggunakan metode yang cukup populer seperti jailbreak iOS di iPhone.

Jailbreak adalah salah satu teknik yang membuat perangkat iOS di iPhone dan iPad memiliki lebih banyak kebebasan. Seperti namanya, itu bisa diartikan sebagai “mendobrak penjara”.

Ini adalah metode yang digunakan oleh pengguna untuk mendapatkan lebih banyak kebebasan dalam mengelola perangkat mereka.

Dengan melakukan cara ini di perangkat mereka, pengguna dapat mengaktifkan beberapa fitur yang sebelumnya dibatasi oleh Apple, seperti menginstal tema, menginstal aplikasi yang tidak ada di App Store, menginstal tweak dan sebagainya.

Selain berbeda dari segi platform, cara tersebut hanya bisa membuka akses sistem secara terbatas, berbeda dengan rooting pada perangkat Android yang bisa membuka akses penuh.

Hal ini karena pada dasarnya iOS berbeda dengan Android, dimana sistem operasi ini merupakan platform tertutup dimana sumber daya yang ada di dalamnya tidak dapat diakses oleh sembarang orang.

Simak :   Apa itu Opensea? Jual Foto Selfie Bisakah Anda Menjadi Kaya?

Yang cukup menarik, aktivitas jailbreaking perangkat dengan sistem operasi iOS legal di mata hukum di beberapa wilayah, termasuk salah satunya di Amerika Serikat.

Jenis Metode

Secara global, ada dua jenis jailbreak yang dapat digunakan pengguna iOS untuk membuka kunci akses ke beberapa fitur di sistem operasi mereka. Kedua jenis ditambatkan dan tidak ditambatkan.

  • Penjara ditambatkan; Secara garis besar, jailbreak tethered adalah proses jailbreak yang membutuhkan perangkat komputer.
  • Jailbreak untethered adalah proses jailbreak yang tidak memerlukan perangkat komputer.

Keuntungan Menggunakannya

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, perangkat yang telah mengalami jailbreak dapat diperbaiki lebih lanjut. Ini karena pengguna telah memperoleh izin pada beberapa ketentuan yang sebelumnya diblokir.

Salah satu contohnya, pengguna bisa mengganti tema dengan lebih leluasa. Dengan memanfaatkan metode ini, pengguna dapat menginstal tema yang sebelumnya tidak tersedia di App Store.

Contoh kedua, pengguna juga dapat menerapkan tweak setelah melakukan jail break. Bagi yang belum tahu, Cubit adalah istilah yang menggambarkan modifikasi kecil yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan sistem.

Kerugian & Risiko Jailbreak

Seperti halnya proses rooting di Android, jailbreak juga memiliki beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan dengan matang, sebelum pengguna melakukannya.

Meski legal di beberapa wilayah, proses jailbreak tetap akan menghilangkan klaim garansi yang diberikan. Sehingga ketika perangkat mengalami kerusakan, Apple tidak akan melakukan perbaikan secara cuma-cuma meskipun terjadi selama masa garansi.

Proses jailbreak atau un-jailbreak (proses kembali ke keadaan sebelum diubah) juga sangat berisiko karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat jika terjadi kesalahan dalam melakukannya.

Selain itu, proses ini juga dapat melemahkan sistem perlindungan yang dibuat oleh Apple untuk perangkat, sehingga orang yang tidak bertanggung jawab dapat menyerang atau mencuri data pribadi pengguna, seperti kontak, dokumen penting, dan sebagainya.

Simak :   4 Cara Cek Kuota XL Axiata Juni 2022