3 Cara Cek Garansi di HP Xiaomi dengan Mudah

Ketika Kamu membeli berbagai perangkat elektronik, termasuk HP, garansi menjadi salah satu hal yang cukup penting. Keberadaannya sangat berguna untuk jangka panjang atau pendek. Sebagai brand populer, Xiaomi tentu selalu memberikan sebuah garansi untuk setiap pembelian produknya.

Namun, sebagian orang justru tidak tahu-menahu mengenai keberadaan garansi ini. Jika Kamu pengguna HP Xiaomi dan ingin mengecek garansi, Kamu berada di tempat yang tepat.

Kali ini, Xiaomi akan memberikan Kamu info mengenai cara mengecek garansi HP Xiaomi dengan mudah dan cepat. Cek pembahasannya berikut ini.

Cara Mengecek Garansi HP Xiaomi

Cara untuk mengecek garansi HP Xiaomi cukup mudah dan cepat. Kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini sesuai dengan kebutuhan. Agar lebih jelas, silakan simak beberapa cara lengkapnya berikut ini.

1. Cek Garansi HP Xiaomi via Website Resmi

Salah satu cara untuk mengecek garansi HP Xiaomi adalah adalah melalui website resminya. Cara yang harus dilakukan juga cukup mudah karena hanya membutuhkan HP dengan koneksi internet saja. Agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka Google Chrome di HP Xiaomi Kamu.
  • Setelah itu, masuk ke website dengan memasukkan alamat ini “m.buy.mi.co.id/id/registration”, klik lanjutkan
  • Setelah halaman terbuka, Kamu akan diminta untuk memasukkan nomor IMEI dan kode verifikasi.
  • Untuk mengetahui nomor IMEI yang Kamu gunakan, Kamu bisa mencarinya di menu Setelan HP XIaomi Kamu.
  • Silakan buka menu Setelan dan masuk ke “Tentang telepon”.
  • Setelah itu, buka menu “Keseluruhan spesifikasi”.
  • Untuk melihat nomor IMEI yang digunakan, silakan pilih menu “Status” di bagian bawah.
  • Setelah itu, temukan “IMEI” dan silakan salin agar bisa ditempel di website tadi.
  • Setelah berhasil memasukkan nomor IMEI dan kode verifikasi dengan benar, Kamu akan mendapatkan informasi HP yang sedang digunakan serta garansi yang berlaku.
  • Untuk mengetahui informasi ini, Kamu tidak perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Sebab halaman tersebut hanya bisa digunakan untuk mengecek garansi saja.

2. Cek Garansi HP Xiaomi via Kotak

Selain cara di atas, Kamu juga bisa mengecek garansi HP Xiaomi melalui kotak HP Xiaomi Kamu. Jika pada kotak kemasan tersebut terdapat logo bertuliskan TAM, maka HP Xiaomi Kamu merupakan produk resmi dengan garansi resmi.

TAM sendiri merupakan singkatan dari PT Telematika Artha Mandiri sebagai distributor resmi Xiaomi di Indonesia. Selain logo TAM, Kamu juga akan menemukan tulisan PT Sat Nusapersada Tbk pada kemasan. PT tersebut berada di Batam sebagai tempat produksi resmi Xiaomi yang dibuat di Indonesia.

Di sisi lain, jika HP Xiaomi Kamu tidak memiliki logo bertuliskan TAM, maka HP Xiaomi Kamu berasal dari distributor.

Kemudian, terdapat tulisan “Made in China” untuk HP dengan garansi distributor. Di dalamnya juga terdapat berbagai buku panduan dengan bahasa Indonesia untuk produk resmi, dan bahasa Tiongkok untuk produk tidak resmi.

3. Cek Garansi HP Xiaomi via IMEI

Cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek garansi adalah dengan menggunakan IMEI. Sebelumnya sudah dijelaskan cara menemukan nomor IMEI melalui menu Setelan.

Namun, Kamu juga bisa menemukan nomor IMEI melalui aplikasi panggilan agar lebih cepat. Agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Untuk mengecek nomor IMEI melalui aplikasi panggilan, Kamu harus masuk terlebih dahulu ke aplikasi tersebut.
  • Setelah itu, silakan ketik kode “*#06#”.
  • Setelah berhasil, akan muncul jendela yang memberikan informasi berupa nomor IMEI HP Xiaomi Kamu. Silakan salin untuk digunakan nanti.
  • Untuk mengecek garansi, silakan masuk ke website “https://imei.kemenperin.go.id”.
  • Masukkan nomor IMEI ke dalam kolom pencarian.
  • Klik cari untuk melihat apakah nomor IMEI HP XIaomi Kamu terdaftar atau tidak di database Kemenperin.

Mengecek masa garansi HP menjadi salah satu hal yang cukup penting dilakukan. Hal ini tidak lain agar Kamu bisa mengetahui tenggat waktu garansi yang berlaku.

Sebab, Kamu bisa melakukan perbaikan HP secara gratis jika masih dalam masa garansi. Tentu saja dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Inilah yang akhirnya menjadi salah satu keuntungan membeli produk resmi dengan garansi resmi. Dibandingkan dengan HP dengan garansi distributor yang memiliki masa garansi lebih singkat.

Selain itu, ketika IMEI HP Xiaomi Kamu tidak terdaftar secara resmi, ada risiko pemblokiran terhadap IMEI karena dianggap sebagai HP ilegal.

Efek dari pemblokiran ini juga cukup fatal untuk penggunaan HP. Sebab, Kamu tidak akan bisa menggunakan jaringan seluler di Indonesia lagi seperti Telkomsel, XL, Indosat, dan sebagainya. Namun, jika HP Xiaomi Kamu adalah produk resmi, maka tidak perlu khawatir akan hal ini.

Sekilas Tentang Garansi

Setelah membahas garansi soal Xiaomi, sekarang mari simak pembahasan soal pengertian garansi.

Jika melihat dari KBBI, garansi diartikan sebagai jaminan atau tanggungan. Dalam hal ini, garansi berarti sebuah jaminan yang diberikan oleh perusahaan atau produsen untuk pembeli atas produk yang sudah dibeli.

Garansi di sini juga memiliki dua jenis yaitu garansi resmi yang berasal dari toko resmi dan garansi toko atau distributor dari toko tidak resmi.

Lalu, apa bedanya garansi resmi dan garansi toko atau distributor? Sesuai dengan namanya, garansi resmi berarti garansi yang diberikan langsung oleh perusahaan atau produsen. Garansi ini bisa Kamu dapat ketika membeli produk langsung dari toko resminya.

Selain itu, garansi resmi juga biasanya memiliki durasi yang lebih lama. Misalnya, ketika Kamu membeli HP Xiaomi di toko resmi, maka Kamu akan mendapatkan garansi hingga 12 bulan sejak pembelian. Dengan begitu, Kamu bisa mengeklaim garansi jika terjadi kerusakan pada HP sebelum masa tenggat.

Cek Artikel Xiaomi.co.id lainnya di Google News